Hasil Keputusan Kasus Bank Century

Maret 9, 2010 § 5 Komentar

Tadi malam rapat paripurna DPR membahas keputusan kasus bank Century. Rapat hari kedua ini membahas pengambilan keputusan akhir Pansus Century melalui voting. Terdapat 2 Opsi yang diajukan untuk voting:

1. Opsi A berisi sejumlah kesimpulan yakni munculnya permasalahan bank Century akibat dari merger/akuisi Bank Pikko, Bank CIC dan Bank Danpac. Kebijakan Bank Indonesia yang menyatakan bahwa krisis Bank Century berdampak sistemik hanya berdasarkan Perppu No 4/2008, dan Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) juga menggunakan Perppu yang sama untuk menetapkan krisis Bank Century berdampak sistemik.Penetapan ini disertai data-data yang cukup namun Pansus tidak menemui adanya aliran dana pada salah satu partai dan pasangan calon presiden. Melalui ini Pansus menyerahkan penilaian kasus Bank Century pada lembaga hukum.

2. Opsi C berisi kesimpulan yang lebih tegas, Patut diduga terjadi penyimpangan dalam proses pengambilan kebijakan oleh otoritas moneter dan fiskal yang diikuti banyak penyalahgunaan mulai dari akuisisi merger, pemberian FPJP, PMS hingga tahap aliran dana. penyalahgunaan ini mengikutsertakan pemilik saham dan manajemen Bank Century. Kasus Bank Century merupakan perbuatan melanggar hukum yang berlanjut/penyalahgunaan wewenang oleh pejabat otoritas moneter dan fiskal sehingga dapat di kelompokkan kedalam tindak pidana korupsi yang merugikan negara.

Namun dalam perjalanannya muncullah opsi ketiga yaitu opsi AC, akan tetapi opsi AC ini gagal mendapat sambutan karena hanya didukung oleh 246 suara sedangkan yang menolak terdapat 294 suara. Pendukung opsi AC ini adalah F. Partai Demokrat,F. Partai Amanat Nasional, F. Partai Kebangkitan Bangsa dan F. Partai Persatuan Pembanguanan. Agun Gunandjar Sudarsa dari F. Partai Golkar mengatakan opsi AC ini mnyesatkan, ia menduga opsi itu untuk memecah kesolidan fraksi-fraksi lain termasuk partai Golkar.

Malam tadi juga sempat terjadi kejutan yang meriuhkan ruangan yaitu bergabungnya F. Partai Persatuan Pembangunan kedalam opsi C, seketika ruangan berubah menjadi ramai dengan yel-yel dukungan untuk F. Partai Persatuan Pembangunan.

Inilah kesimpulan akhir dari penelusuran panjang Bank Century yang dimenangkan oleh opsi C dengan 325 suara terdiri dari suara F. Partai Golkar, F. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, F. Partai Keadilan Sejahtera, F. Partai Gerindra dan F. Partai Hanura, sedangkan opsi A sebanyak 212 suara terdiri dari F. Partai Demokrat, F. Partai Kebangkitan Bangsa, F. Partai Amanat Nasional.

About these ads

Tagged: , , , , , , , , ,

§ 5 Responses to Hasil Keputusan Kasus Bank Century

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Apa ini?

Saat ini Anda membaca Hasil Keputusan Kasus Bank Century pada Kutukupret.

meta

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: