Antre Zakat jadi Sekarat

September 16, 2008 § 15 Komentar

Potret buram kembali menyelimuti bangsa ini, tidak tanggung-tanggung peristiwa ini terjadi di tengah bulan Ramadhan yg suci dan penuh rahmat ini. Insiden pembagian zakat di Pasuruan yang menewaskan 21 orang ini dinilai sebagai sebuah potret kemiskinan yang melanda bangsa Indonesia yg semakin parah dari tahun ke tahun. Bahkan bisa jadi ini merupakan indikasi peningkatan angka kemiskinan di Tanah Air akibat dampak dari kebijakan pemerintah yg sudah-sudah itu. 😥
Sebenarnya apa yang terjadi di Pasuruan dapat dihindari apabila dari pihak pemberi zakat ada ko’ordinasi dengan aparat setempat, baik dari RT, RW, Kelurahan, DKM dan dari aparat keamanan. Atau setidaknya untuk program seperti pembagian zakat itu dikelola oleh pemerintah. Karena pemerintah memiliki BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) yang berkompeten mengurusi segala hal tentang zakat. Namun karena tidak adanya sosialisasi dari pemerintah mengenai keberadaan lembaga pengelola zakat serta kurangnya rasa kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut menyebabkan peristiwa tersebut bisa terjadi. Barangkali memang lumrah bila masyarakat kurang mempercayai lembaga yang mengurusi masalah zakat yg di bentuk oleh pemerintah (BAZNAS,red), hal ini sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap sikap pemerintah selama ini. Ada beberapa ketakutan atau ketidakpercayaan masyarakat yang di antaranya; takut di selewengkan-lah, tidak tersalurkan-lah, di korupsi-lah dan lain sebagainya.

Peristiwa Pasuruan ini seperti yg kita ketahui bukanlah hal yang pertama terjadi ataupun hal baru bagi kondisi negeri kita ini. Peristiwa tersebut tidak jauh berbeda dengan situasi pembagian BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang selama ini terjadi bahkan tidak sedikit yang menjadi korban akibat berdesakan untuk mendapatkan uang tunai ataupun menjadi korban kekerasan dari pihak yang merasa di kecewakan oleh program BLT ini, biasanya memang dari kalangan aparat seperti RT, RW atau lainnya yang menjadi korban kekerasan itu sendiri. Ironisnya hanya kerana uang sebesar Rp 30.000 nyawa menjadi sebuah taruhannya, mungkin bagi mereka cukup besar tapi seharusnya mereka juga memikirkan akibat dari itu semua. Jangan hanya memikirkan demi hidup hari ini tanpa menghiraukan bagaimana untuk hidup esok harinya..??

Kalau sudah seperti ini siapa yang harus bertanggung jawab..?? Niat sang pemberi zakat “mungkin” baik, tapi caranya yang tidak di benarkan. Dari pemerintah sudah ada BAZNAS, dari masyarakat juga ada badan yang mengurusi hal tersebut. Seharusnya akan lebih terhormat bagi pemberi zakat mendatangi orang-orang yang berhak menerima zakat itu. “Tangan kanan yang beramal sedangkan tangan kiri jangan sampai mengetahuinya..” mau beramal kuq niatnya cari sensasi (Pamerrrrr…,red) !!!!! 🙄

Tagged: , , , , , , ,

§ 15 Responses to Antre Zakat jadi Sekarat

  • hendi mengatakan:

    hi salam kenal

    _______________________________
    Me : Salam kenal kembali buat mas hendi…😉
    Trimakasih sdh berkunjung ke blog sederhanaku ini:mrgreen:

  • isfiya mengatakan:

    seremmm memang acara begini kalo nggak dikelola dgn benar…

    ________________________________
    Me : Tragis juga deh..😥🙄😯👿
    ya kan mbak isfiya??

  • jukok mengatakan:

    Ya,aku sependapat dengan anda, seharusnya setelah BAZNAS terbentuk dapat disosialisasikan kepada seluruh umat islam, mengapa kalau di negeri jiran dapat terlaksana lebih baik, di negeri kita tidak. saya secara pribadi ingin sekali mewujudkan membentuk semacam yayasan peduli sesama dalam dunia maya, dan saya punya konsep sederhana namun realistis.
    sby,16-09-08. jukok.wordprees.com

    ______________________________
    Me : Itulah kacaunya negeri kita… mudah²an niat baik dari mas jukok bisa terealisasi…Amin 😎
    trimakasih kunjungannya….😆

  • chic mengatakan:

    ternyata banyak banget orang kelaparan di bumi yang katanya permai ini🙄

    ____________________________
    Me : heuheu baru menyadari ya mbak chic..??? jgnkan dunia mbak, Indonesia aja masih begitu byk orang² yg kelaparan bahkan tidak seberuntung mbak chic dan kawan² yg lain…😦
    *prihatin akut*

  • tren di bandung mengatakan:

    ternyata ramadhan yang sejatinya momentum original ummat Islam untuk semakin baik masih mengkhawatirkan… berbagi artikel tentang itu…

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/06/ruhiyah-dan-rupiah-di-ramadhan-penuh-berkah-2/

    ______________________________
    Me : Itulah potret buram pemerintahan negari ini mas….😯
    Trimaksh tlah sudi berkunjung😉

  • tren di bandung mengatakan:

    dukung juga perjuangan temen2 kt…
    BLOGGER SELAMATKAN BABAKAN SILIWANGI

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/15/bloger-jangan-kalah-dua-kali/

    ________________________________
    Me : Saya cukup Prihatin mas atas kasus ini , ini benar² tidak bisa kita biarkan… mereka itu BUTA (Mati, Hati dan Rasa) 👿

  • sigid mengatakan:

    sungguh, saya tak bisa berkata apa-apa lagi

    ______________________________
    Me : Biarkan semua ini menjadi pelajaran bagi siapapun.. kita doakan saja semoga yg mjd korban di terima di sisih-Nya amin… Tabah utk keluarga korban…😦

  • ourkami mengatakan:

    kok aneh ya saya masih mersa gak ada salahnya kok zakat langsung/sendiri tanpa melalui badan amil zakat, soalnya gimana klo saya mau ngasih cuma masyarakat disekitar saya aja dgn alasan masih banyak masyarakat di sekitar saya yang pantas menerima zkat sedangkan dibadan amil zakat pasti zakat akan disebarkan keseluruh indonesia dan belum tentu orang2 yg mau saya berikan zakat jadi kebagian
    cuma mungkin klo zakatnya kira2 akan mendatangkan banyak massa seperti itu ada baiknya kita minta bantuan RT,RW/Polisi u/ antisipasi hal2 yg ga diinginkan

    ______________________________
    Me : Pemberian zakat bila tdk ingin melalui badan² zakat akan lebih bijaksana bila kita yg mendatangi org yg berhak menerima zakat itu baik di sekitar kita atopun sebaliknya, bukan menunggu “mereka” yg dtg krn kita tdk akan pernah bisa memprediksi jumlah massa yg akan dtg. Justru dg kondisi yg demikian di samping akan membuat kericuhan juga akan terjadi loss kontrol alias yg kuat dia dpt byk (orang rakus sdh mendunia)…:mrgreen:
    gmn mbak cinta, betul tidak?? 🙄😆

  • Rindu mengatakan:

    innalillahi wa inna illaihi rajiun … *menitikan airmata*

    kenapa sih tidak dicari lapangan yang luas yah, saya setuju melalui amil zakat🙂

    _______________________________
    Me : Iya mbak rindu..kita semua sedih melihat potret indonesia yg tidak pernah lebih baik….😥
    masalah pembagian zakat, kita memang harus bijak…🙂

  • qizinklaziva mengatakan:

    Syaikhon telah membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan. 21 orang miskin hilang di Indonesia dalam sekejap!

    ______________________________
    Me : Brakakakakakakakkkkkk…..😆 bener juga ya mas…wkakakakkkkkkkkk…:mrgreen:

  • ndra mengatakan:

    wah makin miskin azah bangsa ini!
    masa demi 30ribu menaruhkan nyawa!

    _____________________________
    Me : Wah..akhirnya sadar juga kamu ndro….kalo negara ini mmg MISKIN..😦😥
    pejabatnya aja miskin, buktinya uang masih hoby korupsi…:mrgreen:

  • dian diam mengatakan:

    prihatin aja sama Indonesia yang tak henti2nya ber’duka’.
    setelah kasus 10 orang korban si penjagal, 16 orang mati karena miras, dilanjut dengan 6 anak tenggelam gr2 tawuran yang dimulai dgn ribut mercon, kemudian 21 orang terinjak2 demi mendapat zakat, dan ada lagi 2 karena miras lagi. semoga bisa berhenti disini, amin…

    salam kenal

    ________________________________
    Me : lengkap sdh musibah demi musibah yg menimpa bangsa ini..😦
    kita doakan saja ya mas… smoga bisa keluar dari berbagai masalah negeri ini..amin..
    Salam kenal kembali,😉

  • nanzzzcy mengatakan:

    yeahhh.. gw juga sangat menyangkana peristiwa ini
    moga ini bisa jadi pelajaran buat kita semua🙂

    ____________________________
    Me : Iya mbak, smoga ini mnjadi pelajaran buat kita semua..dan mjd rentetan peristiwa yg terakhir dan terakhir..😦 Amin…
    trimksh kunjungannya….😉

  • nanda mengatakan:

    mungkin niat sang pemberi zakat itu baik, cuma caranya aja yang di sayangkan oleh kebanyakan orang. bagaimanapun semua terjadi atas kehendak allah. asal pandai2 kita mengambil pelajaran dari suatu kejadian. tep semangat ya…!!!

    ___________________________
    Me : Betul mbak nanda, saya setuju dg pendapat anda… Semoga kita bisa mengambil Hikmash dari serentetan kejadian di negeri ini amin……

  • ciwir mengatakan:

    andai semua orang islam sadar bahwa zakat fithrah bukan sekedar perintah namun sebuah kebutuhan penyucian diri maka setiap orang akan mengeluarkan zakat…

    _____________________________
    Me : Yupzz benar mas ciwir, seharusnya zakat/infaq dkk memang menjadi sebuah kebutuhan kita sbg umat muslim…😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Antre Zakat jadi Sekarat at Kutukupret.

meta

%d blogger menyukai ini: