Tips Blogger Terhindar Jeratan UU ITE

Januari 6, 2010 § 5 Komentar

Kasus yang melibatkan antara prita vs RS Omni membuat kita para blogger menjadi was-was dengan apa yang kita tulis sebagai bahan postingan kita, karena terkadang ada fihak² tertentu yang merasa bahwa dari tulisan itu sendiri membuat “mereka” di rugikan.  Bahwa sebenarnya maksud kita bukanlah untuk merugikan ato mencemarkan nama mereka, justru sebaliknya sebagai bahan koreksi bagi mereka yang merasa di rugikan agar lebih baik lagi.

Karena tidak adanya kesadaran bahwa koreksi jangan di anggap mencemarkan, tapi seharusnya menjadi cambuk bagi mereka agar lebih baik dalam memberikan pelayanan.  Walopun pada akhirnya damai, namun kasus ini sdh masuk ke meja hijau.

Berikut ada beberapa tips bagi para blogger maupun penulis pojok keluhan/surat pembaca agar terhindar dari jeratan UU ITE yang saya ambil dari beberapa sumber (blog sebelah) :

  • Menulis dengan tidak sekadar mencari perhatian ; Terkadang ada beberapa blogger sengaja menulis sesuatu secara berlebihan agar pembacanya naik, tanpa memikirkan efek yang dihasilkannya nanti.
  • Fokus pada masalah. Artinya, tulisan yang ingin mengkritisi sesuatu sebaiknya tepat pada satu masalah, tidak menyebar atau melenceng dengan embel-embel tertentu.
  • Tulisan ada Data dan Fakta ; Meski blog merupakan tulisan pribadi, alangkah baiknya jika disertai dengan data dan fakta, sehingga jika sewaktu-waktu tersandung masalah, maka ada bukti-bukti yang bisa menunjang pembelaan.
  • Jangan Egois ; Jangan sungkan-sungkan meminta maaf, karena setiap ada Freedom Speech maka akan ada Fredom Respond juga.
  • Memberikan Solusi ; Ini menjadi suatu hal yang sangat penting, karena blogger harus bisa memberikan jalan keluar dari masalah yang sedang dikritisinya.

Semua itu menjadi beberapa tips/saran agar blogger bisa aman dari jeratan pasal ini. Kita harus mengantisipasi karena langkah pidana untuk internet baru terjadi di Indonesia. Bahkan di Belanda atau Singapura pun tidak ada.   Semoga kita menjadi blogger yang santun dan tetap rendah hati serta memberikan kontribusi terhadap negeri ini dan komponennya agar senantiasa lebih maju dan lebih dewasa meskipun melalui tulisan² sederhana.. amin..

Mungkin di antara pembaca ada yang mempunyai tambahan saran ataupun tipsnya…???

Tagged: , , , , ,

§ 5 Responses to Tips Blogger Terhindar Jeratan UU ITE

  • tary bailah mengatakan:

    sipp mantep dech tipsnya..🙂

  • totokyuliyanto mengatakan:

    menurutku cara yang lebih ampuh adalah menghapuskan penggunaan pidana bagi orang-orang yang menjalankan haknya untuk berpendapat dan berekspresi, caranya merevisi UU ITE dan pasal2 sejenis diberbagai UU. Mari kita wujudkan Indonesia yang saling menghargai kebebasan berpendapat dan berekspresi. Hapuskan Defamation di Bumi Indonesia

  • grand mengatakan:

    tul, sumbernya yang jelas. bila perlu ampe halaman2 htmlnya, biar kita gak disangka nuduh. iya toh?

  • ghe mengatakan:

    jangan langsung mnyebutkan nama merk atau hal yang bersangkutan, bisa dengan menyebutnya oknum atau apapun….asal jagn to do point….

  • totokyuliyanto mengatakan:

    Minta gambarnya yah om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tips Blogger Terhindar Jeratan UU ITE at Kutukupret.

meta

%d blogger menyukai ini: