Bencana Lagi di Indonesia (Longsor Ciwidey)

Februari 24, 2010 § 12 Komentar

Tidak dapat kita bantah, Indonesia adalah negara rawan bencana alam baik gempa bumi, banjir, gunug meletus bahkan longsor. Sudah banyak pula bagian-bagian dari negara ini yang rusak, hilang, juga mengakibatkan kematian rakyat yang jumlahnya sangat banyak akibat bencana alam.

Sekali lagi, alam memperlihatkan kekuatannya. Sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (23/2/2010), terjadi longsor di Perkebunan Dewata, Desa Tenjolaya, Ciwidey, Kabupaten Bandung. 50 rumah dikabarkan tertimbun longsoran setinggi 300 meter dan lebar longsoran 100 meter, lokasi longsor berada di Perkebunan Teh Dewata milik PT Kabepe Chakra. Penyebab longsor pada Selasa Ciwidey ini adalah pergerakan tanah di perkebunan teh yang curam,
luas tanah yang longsor sekitar 5 hektar dengan kecuraman tebing 20 sampai 30 derajat.

Hingga saat ini bala bantuan sulit masuk kedalam daerah longsor karena permukaan tanah yang berbatuan, sulitnya komunikasi masuk kedalam lokasi, padatnya lokasi oleh media dan kunjungan lainnya, tetapi telah diketahui saat ini korban jiwa meninggal adalah 17 orang dan pencarianpun masih terus berlangsung.

Penyebab longsor menurut Kepala Bagian Geologi Kementrian Sumber Daya dan Mineral, Sukhyar, dari data yang didapat di lapangan, salah satu penyebab longsor adalah karena adanya alih fungsi lahan menjadi pemukiman warga, pada prinsipnya daerah tebing/kaki gunug tidak boleh jadi tempat bermukim karena kondisinya yang rawan longsor, gempa akibat pergerakan gunung, dsb dan seharusnya itu sudah diketahui oleh pemerintah setempat sehingga pemanfaatan kerapatan ruang di lahan tsb dapat dipertimbangkan.

Mari kita kembali singsingkan lengan baju untuk membantu sodara2 kita di belahan dunia manapun yang membutuhkan bantuan

Tagged: , , , , , ,

§ 12 Responses to Bencana Lagi di Indonesia (Longsor Ciwidey)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bencana Lagi di Indonesia (Longsor Ciwidey) at Kutukupret.

meta

%d blogger menyukai ini: