Kisruh Tanjung Priok dan Mbah Priok

April 20, 2010 § 3 Komentar

Tanjung Priok-Jakarta

Entah ada angin apa, tiba-tiba makan Tanjung Priok dipenuhi bentrokan warga dan Satpol PP yang kemudian malah melibatkan Polisi, hingga tentara datang bentrokan ini baru bisa direlai tetapi sudah terlambat karena bentrokan ini telah memakan korban jiwa dan korban luka-luka termasuk 2 anggota DPRD yang bermaksud memediasi kedua belah pihak malah ikut menjadi korban.

Kejadian ini berawal dari Satpol PP yang datang ke makam Tanjung Priok untuk mentertibkan bangunan liar di sekitar makam, namun warga menganggap hal tersebut sebagai penggusuran makam. Warga yang menganggap makam mbah Priok yang ada di makam Tanjung Priok penting untuk dijaga karena mbah Priok dianggap sebagai pepunden mereka, sebagai cikal bakal Tanjung Priok, bahkan dikeramatkan oleh warga setempat maupun dari luar daerah.

Tindakan anarkis warga bisa jadi disebabkan oleh kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap warga, sikap arogan dan tidak kenal kompromi yang selama ini terlihat di Satpol PP juga menjadi pemicu kekisruhan. Mediasi yang rencananya dilakukan untuk menjelaskan duduk perkara kedatangan Satpol PP ke makam Tanjung Priok dengan hadirnya 2 wakil anggota dewan (S. Andhika dan Ida Mahmuda) malah menjadi korban amukan Satpol PP hingga mendapatkan luka dan dilarikan ke RS. Koja. Korban luka-luka lainnya berasal dari Satpol PP, Polisi dan warga, 3 korban tewas lainnya dari Satpol PP sedangkan kendaraan Satpol PP dan lainnya juga ikut menjadi korban amukan warga.

Setelah kejadian ini, pemindahan PKL di solo menjadi tolak ukur atas keberhasilan pemerintah dalam berkomunikasi kepada warga dan sikap Satpol PP yang lebih toleransi.

“negaraku…negaraku…kapan kau tambah dewasa?”

Tagged: , , , , , ,

§ 3 Responses to Kisruh Tanjung Priok dan Mbah Priok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kisruh Tanjung Priok dan Mbah Priok at Kutukupret.

meta

%d blogger menyukai ini: