Korupsi Terang-Terangan atau Korupsi Sembunyi-Sembunyi

Mei 19, 2010 § 6 Komentar

Ciri khas korupsi sembunyi-sembunyi: meminta uang untuk mempermulus kepentingan tertentu untuk kepentingan memperkaya diri sendiri yang dilakukan secara diam-diam hanya pihak yang berkepentingan yang tahu, biasanya menggunakan bahasa tubuh/bahasa lisan yang terkadang sulit dimengerti, kadang-kadang juga menggunakan perantara. Biasanya pelaku memiliki nafsu besar tapi malunya juga besar.

Ciri khas korupsi terang-terangan: meminta uang untuk mempermulus kepentingan tertentu untuk kepentingan memperkaya diri sendiri yang dilakukan secara terang-terangan, biasanya menggunakan bahasa lisan yang lebih mudah dimengerti. Biasanya pelaku korupsi terang-terangan mukanya kapalan (read: tebel) sehingga tidak punya malu untuk melakukannya. Tidak butuh perantara, dilakukan sendiri.

Dulu korupsi menjadi tabu dilakukan secara terang-terangan tapi sekarang sudah tidak lagi. Korupsi dilakukan dengan terang-terangan bukan berarti di lakukan dibawah lampu 100 watt ya haighaighaig…:mrgreen: tapi maksudnya menggunakan bahasa lisan yang lebih jelas dimengerti, contohnya : sudah tidak malu lagi orang-orang melakukan/menganjurkan orang lain untuk melakukan sogokan demi kepentingannya lancar, atau sudah banyaknya ditemui orang-orang yang dengan sengaja menyulitkan orang lain hanya agar mendapatkan uang tambahan.

Sialnya, orang-orang yang melakukan korupsi adalah orang-orang yang memiliki kekuasaan tertentu sehingga bisa dengan mudahnya menjegal/menghalang-halangi kepentingan orang lain sehingga mau tidak mau kita terpaksa mengikuti keinginannya. Tapi sang koruptor tidak pernah berfikir apakah orang yang menjadi korban tersebut berekonomi baik atau tidak, apakah perbuatannya menyusahkan orang lain atau tidak, ah…jauh-jauh mikir sampai sana mungkin koruptor sendiri tidak pernah memikirkan apakah tindakannya berdosa atau tidak, wallahualam bisawab…

Walaupun korupsi sudah menjadi rahasia umum tapi bukan berarti korupsi menjadi legal atau menjadi wajar untuk dilakukan apapun alasannya.

“Bukankah telah dipilihkan untuk kita masing-masing rizki untuk memenuhi kebutuhan kita”


Tagged: , , , , , ,

§ 6 Responses to Korupsi Terang-Terangan atau Korupsi Sembunyi-Sembunyi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Korupsi Terang-Terangan atau Korupsi Sembunyi-Sembunyi at Kutukupret.

meta

%d blogger menyukai ini: