Merapi, Mentawai….

Oktober 28, 2010 § 2 Komentar

Untuk kesekian kalinya gunung merapi memperlihatkan kekuatannya, pada tanggal 25-10-10 gunung merapi memperlihatkan tanda-tanda meletus namun sayang saat itu kondisi sekitar merapi tertutup kabut sehingga warga maupun team BMKG tidak dapat bertindak cepat untuk mengevakuasi warga sekitar gunung merapi. Pada malam 25-10-10 warga berbondong-bondong panik mengevakuasai diri dari serangan awan panas (wedhus gembel) dan debu vulkanik yang dapat merenggut jiwa warga. Panasnya wedhus gembel dapat memanggang sekitika tubuh manusia dan debu vulkanik dapat menyesakkan nafas yang juga berakibat kematian. Walau malam menegangkan tersebut telah berlalu dengan berkurangnya aktivitas merapi yang terhenti pada pukul 09.00-15.00 WIB, perekam gempa mengabarkan tidak adanya guguran lava, gempa vulkanik maupun multiphase, namun gunung merapi diprediksi masih akan mengeluarkan letusan susulan, sehingga warga sekitar diharapkan tetap waspada dan tetap menggunakan masker ketika berada diluar. Hingga saat ini, team SAR telah menemukan 28 warga yang menjadi korban letusan merapi termasuk didalamnya mbah Marijan yang merupakan juru kunci (kuncen) gunung merapi dan masih banyak lagi korban luka-luka.

…………………………………..

Bagaimana dengan Mentawai yang pada malam yang sama juga mengalami bencana gempa yang disusul dengan tsunami?gempa 7,2 SR yang terjadi di Mentawai. Sama seperti merapi bencana yang terjadi di Mentawai terjadi pada malam hari pukul 21.45 WIB, gempa dirasa cukup lama yang kemudian disusul oleh naiknya air laut yang kemudian memporak porandakan Pagai Utara dan meratakan dusun yang ada. Data dari BNPB jumlah korban meninggal 272, hilang 412, luka ringan 25, 4000 KK mengungsi. Dengan rincian 68 warga dinyatakan hilang di Dusun Sabeu Gunggung dan 160 hilang, ratusan warga hilang belum ditemukan di 3 dusun yang telah rata/hilang, data ini masih terus berkembang karena pencarian masih terus berlanjut. Hingga berita ini saya tulis Mentawai masih kekurangan tenaga medis

“Ya Allah ku tak pernah tahu kapan ku akan meninggal….kuserahkan hidup dan kematianku. Hanya KAU yang tahu yang terbaik untuk kehidupanku dan yang terbaik untuk kematianku dan orang-orang yang kutinggali kelak”

Tagged: , , , , ,

§ 2 Responses to Merapi, Mentawai….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Merapi, Mentawai…. at Kutukupret.

meta

%d blogger menyukai ini: